8 Kelebihan Android Jelly Bean

Apa sih kelebihan Jelly Bean dibanding Ice Cream Sandwich? Sebagai update terbaru Android, Jelly Bean mempunyai siklus yang lebih pendek dibandingakn dengan ICS. Lalu, apa saja yang membuat Jelly Bean layak rilis? Apakah Google punya alasan khusus perilisan Jelly Bean ini? Apa karena Apple juga merilis iPhone 5 di bulan September ini, sementara Microsoft merilis Windows 8 yang mencoba mengeruk pasar tablet dan smart phone di bulan Oktober? Terlepas dari semua pertanyaan itu, Jelly Bean sudah diposisikan untuk menggantikan ICS. Padahal smartphone yang memakai ICS masih belum juga satu tahun ini mulai ramai dipasarkan. Membuat kita yang dananya terbatas masih berkutat dengan GingerBread, kepingin mengicipi Ice Cream, eh… sudah ada yang segar si Jelly Bean. Hmmm….

Jelly Bean LogoMungkin memang tidak seharusnya kita membiarkan diri dikejar-kejar perkembangan perangkat mobile yang kian hari kian cepat saja ini. Toh, kalau mau jujur, HP yang paling berguna adalah HP yang bisanya cuman untuk telepon dan sms saja. Semakin canggih gadget yang kita punya, semakin pula kita tergantung dengannya. Ok, sudah ngelanturnya, hehe….

Jelly Bean ini diumumkan pertama kali berbarengan dengan peluncuran Google Nexus 7. Mengenai hal apa saja yang baru di Jelly Bean, ada di bawah ini.

Google Now

Sesuai dengan namanya, “Now”, aplikasi yang baru muncul di Jelly Bean ini akan memberikan kamu berbagai informasi langsung diperangkat Android kamu. Informasi-informasi yang tersedia bisa berupa cuaca, lokasi restoran atau bahkan skor pertandingan. Hehe, memang aplikasi ini akan membuat kamu semakin terkait dan terikat dengan koneksi internet. Imbas pertamanya tentu pulsa atau kuota paket internet yang kamu pakai, dan baterai. Mengenai seberapa penting aplikasi berita terkini ini, saya kira masing-masing pengguna lebih tahu. Dengan membaca hal-hal terbaru yang sedang terjadi di sekitar kita, kita memang jadi lebih pintar, sampai titik tertentu, kita akan jenuh juga. Kan?

Screen Capture

Ingin menyimpan apa yang sedang tampak di layar ponsel Android kamu? Itulah fungsi aplikasi ini. Sederhana, namun bisa jadi bersifat sangat krusial untuk keadaan tertentu. Sebenarnya sudah ada aplikasi pihak ketiga yang bisa kita pakai, namun mereka biasanya meminta proses rooting yang biasanya dianggap menakutkan untuk pengguna mula yang tidak mau ribet. Cara menangkap gambar-nya juga mudah, cukup tekan tombol Power bersamaan dengan tombol Volume Up.

Google Assistant

Fitur baru milik Android 4.1 ini sepertinya akan menyaingi SIRI yang diperuntukan bagi sistem operasi iOS teranyar. Google Assistant memungkinkan kamu menggunakan segala fungsi ponsel mulai dari telepon, SMS atau mengirimkan email hanya lewat suara. Jika masih kurang, kamu bisa melakukan pencarian di internet melalui fitur ini.

Speech to Text Offline

Fitur Speech to Text sepertinya bukan barang baru pada ponsel Android, fitur tersebut telah lama tersimpan pada generasi Android sebelumnya. Namun ada yang berbeda dari versi Android kali ini. Jika ingin menulis pesan dengan menggunakan suara, kamu tidak perlu terkoneksi dengan internet lagi, alias cukup off line saja.

Smart Widget

Fitur baru Jelly Bean ini memiliki konsep yang sederhana. Demi memberikan kenyamanan maksimal pada penggunanya, Google mempermudah penempatan widget baru dengan cara menggeser widget lama secara otomatis. Dengan begitu maka ruang kosong untuk meletakkan widget baru pada home screen Android semakin mudah dibuat.

Face Unlock

Face Unlock memang sudah ada sejak Android Ice Cream Sandwich dirilis, namun ada sedikit peningkatan fitur pada Jelly Bean kali ini. Peningkatan tersebut adalah Liveness Check, fitur yang mengharuskan pengguna minimal mengedipkan mata guna membuka kunci. Hal tersebut menandakan bahwa citra yang ditangkap oleh kamera benar adalah wajah bukan hanya foto wajah. Peningkatan ini mengingat fitur Face Unlock sebelumnya gampang dibobol dengan hanya menggunakan foto wajah sang pemilik.

Notifikasi

Ada yang baru dengan notifikasi Jelly Bean. Peningkatan yang dilakukan Google sekali lagi berfokus pada kenyamanan. Anda bisa berinteraksi lebih pada notifikasi yang baru ini, misalnya membalas langsung SMS, menelepon, dan menampilkan preview email, semua hal tersebut langsung Anda lakukan lewat Notification Bar.

Mematikan Notifikasi untuk aplikasi

Fitur terakhir cukup melengkapi kenyamanan Jelly Bean. Fitur ini memungkinkan penggunanya mematikan notifikasi yang berasal dari sebuah aplikasi tanpa harus menghapusnya. Ya, itulah kedelapan fitur baru yang bisa Anda temukan pada Android Jelly Bean. Delapan fitur baru tersebut tentunya akan meningkatkan kenyamanan dan keamanan pengguna Android. Selain itu, fitur-fitur menarik yang barusan dibahas dengan sendirinya akan menambah kekayaan fitur Android secara umum. sumber: Paseban

6 comments:

dims said...

Thanks for review, it was excellent and very informative.
thank you :)

Anonymous said...

Thankz bro atas infonya
WiLee

indra ajja said...

gimana cara tukar versi android kak

Anonymous said...

Ralat ya Admin...!!!
Trik Screen Capture yg benar yaitu, Tombol Power + Volume Down.

nia neyy said...

android or bb?

Anonymous said...

Android Aja

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2011 - 2014 HP Tablet Gadget Android Published by Seo Elite by BamZ